Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:45 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Change Recipients Belief Terhadap Program E-Rapor Pada Guru SMP dan SMA (Studi Pada SMP X, SMP Y, dan SMA Z)
Bibliografi
Author:
Kevin, Albertus Jordi
;
Kembaren, Esther Muliana
(Advisor)
Topik:
change recipients belief
;
e-rapor
;
sekolah
;
guru
;
kebijakan pemerintah
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Albertus Jordi Kevin_Undergraduated Theses_2019.pdf
(5.15MB;
14 download
)
Abstract
Perkembangan zaman membuat terjadinya kemajuan dalam bidang teknologi di sekolah dan yang sedang dilakukan oleh pemerintah adalah perubahan e-rapor. Terjadinya perubahan pada buku rapor yang biasa menggunakan kertas menjadi program membuat guru mengalami kesulitan dan muncul keluhan. Pihak sekolah akan mengalami kesulitan bila tidak mengetahui mengapa para guru mengalami kesulitan dan mengeluh mengenai program e-rapor. Dengan mengetahui change recipients belief pada guru dapat membuat pihak sekolah untuk memberikan pelatihan, edukasi, arahan yang sesuai dan tepat agar guru dapat melakukan e-rapor dengan lebih maksimal. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang menghasilkan gambaran dari variabel yang ingin diteliti yaitu change recipients belief guru. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada guru pada tiga sekolah yaitu SMP X, SMP Y, dan SMA Z yang menggunakan program e-rapor dan mendapatkan guru sebanyak 44 yang mengisi kuesioner. Kuesioner yang digunakan oleh peneliti berisi 24 item yang mengukur change recipients belief para guru terhadap program e-rapor yang sedang dilakukan di sekolah. Hasil yang didapat dari kuesioner dianalisis menggunakan metode mean dari teknik Central Tendency. Dalam pembuatan kuesioner peneliti menggunakan empat domain dari change recipients belief yaitu discrepancy, appropriateness, principal support, dan valence. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa skor keseluruhan sekolah termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan untuk masing-masing sekolah SMP X masuk ke dalam kategori tinggi, SMP Y ke dalam kategori tinggi, dan SMA Z ke dalam kategori tinggi. Domain yang paling berpengaruh pada seluruh sekolah adalah principal support. Hal ini terjadi karena kebijakan e-rapor pertama kali diketahui oleh kepala sekolah atau kepala yayasan dari pihak sekolah yang akhirnya disetujui dan dilaksanakan di sekolah, sehingga peran dari kepala sekolah atau kepala yayasan sangat penting dalam memberikan fasilitas, arahan, dan pelatihan untuk menjalankan perubahan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)