Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:54 WIB
Detail
BukuIMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA “PAHLAWANKU” DI KELAS IVDI SDN KEBON BAWANG 09 PETANG
Bibliografi
Author: Rahmawati, Magdalena Chori (Advisor); YOLANDIA, IRNA SUSKAN
Topik: Pendekatan Saintifik; Pembelajaran Tematik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Irna Suskan Yolandia_Undergraduate Theses_2019.pdf (17.15MB; 39 download)
Abstract
Pada penerapan kurikulum 2013, pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang terdapat dalam kurikulum 2013, yang menggunakan lima tahapan yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan. Pendekatan saintifik belum diterapkan di semua sekolah dan proses pembelajaran saat ini masih belum terlaksana dengan baik maka perlu adanya perubahan pada proses pembelajarannya yaitu dengan proses belajar berpikir ilmiah atau pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu pada siswa kelas IV SDN Kebon Bawang 09 Petang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis, observasi, wawancara, menyebarkan angket dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penelitian ini adalah guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik tetapi pelaksanaannya belum maksimal dikarenakan implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik kelas IV SDN Kebon Bawang 09 Petang belum sepenuhnya berbasis pada pembelajaran aktif atau pendekatan saintifik. Keberanian siswa dalam bertanya kurang, pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa kurang berani untuk mengajukan pertanyaan. Guru kelas belum membuat RPP untuk mendesain pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik. Untuk perbaikan dan penelitian selanjutnya, saran yang dapat diberikan adalah diperlukan adanya pembuatan RPP sesuai dengan kebutuhan siswa yang lebih baik, sebaiknya lebih mengkondisikan siswa pada saat melakukan kegiatan tanya-jawab agar lebih terarah dan lebih aktif
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)