Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:44 WIB
Detail
BukuAnalisis Perilaku Konsumen Muslim dalam Pembayaran Zakat
Bibliografi
Author: Sanie, Susy Yunia Rahmawidjaja
Topik: Zakat; Ekonomi Islam; IPRI (Indeks Personalitas Religius Islam); Pengukuran Religiusitas Islam
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Naskah Karya Ilmiah (NKI) dengan Registrasi Karya Ilmiah (RKI)
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen muslim dalam membayar zakat, khususnya muslim yang tidak terjangkau oleh penerapan Perda Zakat. Populasi penelitian adalah pengusaha mandiri muslim yang masuk kriteria pembayar zakat (muzakki). Data primer dikumpulkan dari 300 penguhsaha muslim yang dipilih dengan 2 tahap, pertama dengan tehnik acak bertingkat (stratified random sampling) dan dilalanjutkan dengan tehnik bola salju (snowball sampling). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa semakin besar pendapatan maka nilai zakat yang dibayar semakin besar pula meskipun persentase terhadap pendapatan tidak terlalu berbeda. Rata-rata besar pengeluaran zakat adalah 1,3% dari total pendapatan, dan tidak ada beda nilai pembayaran zakat antara laki-laki dengan perempuan, maupun antar tingkat pendidikan. Analisis regresi menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap jumlah pengeluaran zakat adalah besar pendapatan, jumlah anggota rumahtangga yang menjadi beban tanggungan, serta tingkat religiusitas IPRI (Indeks Personalitas Religius Islam). Sedangkan faktor-faktor lain yang ikut diuji, yaitu: tingkat pendidikan, pendidikan agama yang pernah diikuti, umur dan jender tidak berpengaruh terhadap besar pengeluaran zakat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)