Anda belum login :: 26 Nov 2024 19:52 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Motivasi Belajar Siswa Kelas IV A SDN 03 Kapuk Muara, Jakarta Utara yang Memperoleh Penguatan Positif Pada Pembelajaran Tema 8 (Daerah Tempat Tinggalku) Subtema 1 (Lingkungan Tempat Tinggalku)
Bibliografi
Author:
Luciani, Theresia
;
Pramudita, Wahyu
(Advisor)
Topik:
Motivasi Belajar
;
Pemberian Penguatan Positif
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Theresia Luciani_Undergraduated Theses_2019.pdf
(14.04MB;
18 download
)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa yang memperoleh penguatan positif di SDN 03 Kapuk Muara, Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A sampai F sebanyak 188 orang dan yang menjadi sampel yaitu seluruh siswa kelas IV A sebanyak 31 orang. Nama lain dari sampel yang digunakan penelitian ini ialah sampel jenuh, karena menggunakan seluruh populasi dan biasanya penggunaan sampel ini kurang dari 100 responden. Peneliti memberikan perlakuan penguatan positif kepada kelas IV A, treatment yang diberikan sebanyak dua kali. Teknik pengumpulan data diambil melalui metode observasi dan angket motivasi belajar siswa. Angket motivasi belajar siswa diberikan untuk mengetahui motivasi awal pembelajaran dan motivasi setelah pembelajaran. Untuk metode observasi, peneliti memberikan lembar observasi kepada guru agar memberikan penilaian. Penilaian ini diberikan untuk peneliti selama proses pembelajaran dengan memberikan treatment di kelas IV A. Hasil penelitian menunjukkan dengan diberikannya penguatan positif siswa kelas IV A diperoleh motivasi belajar dengan skor rata-rata siswa yang memiliki kriteria sangat tinggi sebanyak 11 orang (35%), dan kriteria tinggi sebanyak 20 orang (65%). Hasil motivasi belajar tersebut diperoleh setelah siswa diberikan treatment penguatan positif sebesar 34% untuk pemberian penguatan verbal, 30% untuk penguatan dengan gestural, 18% penguatan dengan mendekati anak, 14% penguatan dengan sentuhan, dan 4% penguatan berupa simbol/benda
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.203125 second(s)