Anda belum login :: 27 Nov 2024 07:06 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pendidikan sebagai Kontrol Sosial dan Kebebasan Individu. Diskursus mengenai Pendidikan menurut Plato
Oleh:
Jena, Yeremias
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Driyarkara: Majalah Filsafat vol. XXV no. 4 (2002)
,
page 52-68.
Topik:
pendidikan
;
keutamaan
;
kontrol
;
keadilan
;
partisipasi publik
;
kebebasan individu
;
tugas tandingan
Fulltext:
MM26 25(4) 52-68.pdf
(9.45MB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
MM26
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Pemahaman konsep pendidikan Plato harus ditempatkn dalam discourse upaya Plato merekonstruksi sebuah polis yang adil dan autarkis (swasembada). Pendidikan bukan hanya untuk mencapai episteme melainkan juga untuk pembentukan karakter dan watak (character building) warga negara, khususnya para penjaga agar mereka memiliki keutamaan keberanian dan keugaharian. Filsuf-raja yang telah memandang to Agathon paling berhak untuk memimpin polis dan menentukan (mengontrol) jalannya pendidikan dalam suatu pemerintahan aristokratis yang adil. Namun, bila ditempatkan dalam konteks demokrasi jaman sekarang, model pendidikan semacam ini akan menihilkan partisipasi publik dan memasung kebebasan individu. Pendidikan menjadi dominasi pemerintah demi perpetuasi kekuasaannya. Dalam negara demokrasi, mengikuti Paulo Freire, rakyat harus diberi kesempatan untuk menjalankan “tugas tandingan” dalam pendidikan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)