Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:16 WIB
Detail
BukuANALISIS PERAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH NASIONAL ALAMANDA
Bibliografi
Author: Revina, Shintia (Advisor); Caecilia, Clara Putri
Topik: Supervisi Akademik; Kompetensi Profesional
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Clara Putri Caecilia_Undergraduate Theses_2019.pdf (2.65MB; 21 download)
Abstract
Kegiatan supervisi akademik dilakukan di sekolah dalam upaya meningkatkan kompetensi professional guru. Kegiatan supervisi akademik dapat memperbaiki pengajaran guru dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas melalui bimbingan dan arahan dari kepala sekolah. Kompetensi profesional yang diharus dimiliki oleh guru yaitu mampu menguasai materi, struktur, konsep dan pola keilmuan yang sesuai dengan pelajaran yang di ajarkan oleh guru, memiliki penguasaan pada kompetensi inti dan kompetensi dasar dari mata pelajaran, mampu melaksanakan materi pembelajaran yang kreatif, meningkatkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dan mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Kegiatan supervisi akademik diharapkan mampu meningkatkan kompetensi profesional guru guna meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Peneliti melakukan penelitian di Sekolah Dasar Nasional Alamanda. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kegiatan supervisi akademik terhadap kompetensi profesional guru di Sekolah Dasar Nasional Alamanda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian yaitu guru kelas 1 hingga guru kelas 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini terkait kegiatan supervisi akademik yang telah terlaksana di Sekolah Dasar Nasional Alamanda sudah terlaksana dengan baik dengan bimbingan dan arahan oleh kepala sekolah sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional guru-guru di Sekolah Dasar Nasional Alamanda. Penelitian ini juga memiliki keterbatasan penelitian berupa wawancara yang dilakukan oleh peneliti kurang mendalami terkait pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi akademik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)