Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan rencana atau pedoman yang dirancang untuk guru yang di dalamnya terdapat kegiatan dan langkah-langkah pembelajaran untuk mencapai indikator yang ditetapkan sehingga pembelajaran menjadi terarah. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran subtema tanaman di sekitarku kelas I SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model penelitian dari Borg and Gall dengan tujuh tahap yaitu 1) analisis kebutuhan menggunakan teknik wawancara dan kuesioner, 2) mengumpulkan informasi dengan menganalisis KD 4 mata pelajaran, membaca Permendikbud dan buku kelas I SD subtema Tanaman di Sekitarku berdasarkan K13 edisi revisi, 3) mendesain RPP sesuai dengan alokasi waktu pada pembelajaran tematik K13, 4) validasi dengan dua ahli, 5) merevisi RPP sesuai dengan saran dari ahli, 6) uji coba di SDK Santa Anna, 7) merevisi kembali RPP sesuai dengan saran guru kelas I SD serta. Penelitian pengembangan ini memperoleh hasil bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru di kelas dan sudah sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik serta sesuai dengan prinsip-prinsip RPP. Namun juga terdapat kekurangan yaitu kegiatan penutup terlalu monoton karena hanya menyajikan kegiatan refleksi dan menyimpulkan pembelajaran yang telah dipelajari. RPP ini layak digunakan oleh guru sebagai pedoman pembelajaran dalam mengajar sehingga pembelajaran menjadi lebih terarah. |