Dalam mengamankan posisi dari persaingan di masa yang akan datang, ritel di bidang Home Furningshings perlu menyediakan tempat yang nyaman, konsep yang unik, dan tentunya memiliki kualitas terbaik untuk memuaskan konsumennya. Peritel di bidang Home Furnishings yang mampu menawarkan konsep berbeda adalah IKEA. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan apakah experiential marketing IKEA berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, (2) mengetahui dan menjelaskan apakah experiential marketing IKEA berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, (3) mengetahui dan menjelaskan bagaimana experiential marketing IKEA berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 200 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Data diolah dengan menggunakan software SPSS Statistics 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa experiential marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, experiential marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan experiential marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen. |