Pada era modern ini, perkembangan internet dan pertumbuhan industri telepon pintar di Indonesia terus meningkat dengan signifikan. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk menghadapi persaingan adalah melalui online review dan citra merek global guna mendorong niat beli konsumen pada telepon pintar. Online review memiliki fungsi untuk mengkomunikasikan merek melalui berbagai saluran media online yang bertujuan untuk memberikan pengaruh positif kepada konsumen agar dapat membeli suatu produk/layanan. Sementara itu, citra merek global berfungsi untuk menciptakan asosiasi positif merek di benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh online review pada niat beli konsumen telepon pintar Apple, dan pemoderasian citra merek global pada hubungan pengaruh online review pada niat beli telepon pintar Apple. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji regresi dengan metode kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 113 responden di Kota Jakarta yang pernah membaca online review telepon pintar Apple melalui internet seperti media sosial, online forum, online website, chat room, dan lain sejenisnya, serta responden yang tergolong generasi millennials (usia: 20 – 39 tahun). Penyebaran kuesioner dilakukan dengan bantuan Google Form, dan link disebarkan melalui aplikasi WhatsApp. Kuesioner menggunakan Skala Likert. Berdasarkan hasil yang didapat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan online review pada niat beli, dan citra merek global memainkan peran penting sebagai pemoderasi untuk meningkatkan niat beli konsumen terhadap telepon pintar Apple. |