Umalas Hotel & Residence merupakan sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang perhotelan yang sudah berdiri sejak tahun 2010 sebagai salah satu hotel berbintang empat di kawasan Bali. Pertumbuhan bisnis perhotelan yang pesat di Bali, membuat hotel harus memiliki pengendalian internal agar dapat bersaing dengan pesaing-pesaingnya. Sebagai salah satu hotel berbintang di Bali, Umalas Hotel & Residence tentu sangat membutuhkan pengendalian internal, terlebih pada fungsi penjualan kamar, sehingga penelitian atau audit pengendalian internal ini dilakukan dengan tujuan untuk menilai sistem pengendalian internal atas kegiatan penjualan kamar dan menganalisis Standar Operasional Prosedur (SOP) fungsi penjualan kamar. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 1 Maret 2019 sampai 15 Mei 2019 dengan pengumpulan bukti menggunakan metode observasi dan wawancara yang didokumentasikan dalam Internal Control Questionnaire (ICQ) untuk menguji pelaksanaan pengendalian internal atas fungsi penjualan kamar. Selanjutnya dilakukan uji kepatuhan (compliance test) untuk menguji apakah kegiatan penjualan kamar sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Umalas Hotel & Residence memiliki pengendalian internal atas fungsi penjualan kamar yang sudah dilakukan secara efektif dan efisien. |