Semakin ketatnya persaingan bisnis perdagangan online (e-Commerce) di Indonesia, menjadikan setiap pelaku bisnis ingin mendominasi pasar. Tren ini akan terus meningkat di masa depan, seiring berkembangnya bisnis e-Commerce baik asing maupun lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tanggapan konsumen mengenai faktor-faktor determinan keputusan pembelian produk di e-Commerce asing dengan lokal seperti kualitas layanan, kepercayaan, persepsi risiko, promosi penjualan, dan electronic word of mouth (e-WOM). Populasi dalam penelitian ini adalah responden konsumen e-Commerce yang telah mengisi kuesioner yang disebarkan oleh peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui link Google Form, dengan pengambilan sampel acak sebanyak 140 responden. Analisis data menggunakan uji paired samples t-test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari ke lima faktor determinan keputusan pembelian antara e-Commerce asing dengan e-Commerce lokal. |