Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) merupakan sistem pembayaran baru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Gerbang Pembayaran Nasional hadir untuk membantu masyarakat bertransaksi secara aman, nyaman, interkoneksi dan interoperabilitas. Dengan diterapkannya sistem pembayaran Gerbang Pembayaran Nasional ini, akan secara langsung berdampak pada sektor perbankan selaku pengimplementasi sistem pembayaran yang diterapkan oleh Bank Indonesia. Peneliti mencari tahu bagaimana manfaat dan dampak dari penerapan sistem pembayaran GPN, serta evaluasi yang telah dilakukan oleh Bank Indonesia dan sektor perbankan. Metode yang digunakan dengan metode kualitatif dengan melakukan wawancara atau mengirimkan pertanyaan terstruktur ke Bank Indonesia dan ke Bank Umum yakni Bank BCA, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank Victoria. Ada 3 (tiga) bank yang menjawab pertanyaan yang peneliti ajukan. Ketiga bank tersebut adalah Bank BCA, Bank Mandiri, dan Bank Victoria. Bank-bank lainnya hanya mengarahkan peneliti untuk melihat informasi tentang GPN di web bank tersebut. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan implementasi penerapan peraturan Gerbang Pembayaran Nasional telah berjalan dengan baik, namun manfaat dan dampak belum diketahui karena evaluasi belum dilaksanakan oleh Bank Indonesia dan ketiga bank umum tersebut. |