Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru dalam menggunakan Buku Guru sebagai pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran tematik di kelas rendah. Maksud dan tujuan penelitian didasarkan atas upaya pemerintah dalam menyajikan Buku Guru sebagai pedoman mengajar pada Kurikulum 2013 ini. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pemilihan lokasi penelitian mengacu pada sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013. Sebanyak tiga orang guru dari kelas I, II, dan III di SDN Bendungan Hilir 12 Jakarta Pusat dilibatkan sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen (analisis Buku Guru terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017) dan analisis kesesuaian antara RPP dan Buku Guru, observasi pembelajaran tematik, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan melalui tahap pra-lapangan dan tahap kerja lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Buku Guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran secara optimal dilakukan oleh guru kelas I karena guru mampu mengembangkan komponen dalam Buku Guru sesuai kreatifitas dan inovasi terhadap pokok materi pembelajaran. Sedangkan penggunaan Buku Guru oleh guru kelas II, dan III sudah sesuai standar pembelajaran yang tercantum dalam buku, tetapi belum ada bentuk modifikasi yang lebih variatif terhadap aktivitas pembelajaran. Guru kelas I, II dan III menyusun RPP sesuai dengan Buku Guru yang digunakan. Kendala yang dialami guru kelas II dan III meliputi, alokasi waktu dan materi dalam Buku Guru terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017 sangat sedikit. |