Hasil belajar merupakan salah satu keberhasilan dalam pembelajaran yang dapat diukur. Terdapat berbagai aspek yang mempengaruhi hasil belajar, salah satunya yaitu sikap siswa yang mandiri dalam belajar. Kemandirian belajar merupakan kegiatan belajar yang dilakukan tanpa adanya dorongan atau paksaan dari orang lain, serta berusaha untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kemandirian belajar terhadap hasil berlajar terkhusus pada mata pelajaran IPA dan Matematika siswa kelas IV SD Strada Wiyatasana. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, di mana pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Populasi penelitian berjumlah 161 siswa, dan sampel yang digunakan berjumlah 91 siswa yakni kelas IVB, IVD, dan IVE. Instrumen pengambilan data yang digunakan yaitu angket kemandirian belajar dan tes hasil belajar pada mata pelajaran IPA dan Matematika. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, untuk melakukan uji korelasi product moment. Hasil korelasi product moment yang diperoleh pada kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA sebesar 0,243, dan pada kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika sebesar 0,234. Kesimpulan penelitian ini yaitu adanya hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPA dan Matematika siswa kelas IV SD Strada Wiyatasana. Saran dari penelitian ini yaitu guru diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. |