Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:59 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Penerapan Metode Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Afektif Siswa Kelas IV SD Strada Slamet Riyadi I Tangerang
Bibliografi
Author:
Budhayanti, Clara Ika Sari
(Advisor);
Silvia, Gita Puji
Topik:
Metode Sosiodrama
;
Hasil Belajar Afektif
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Gita Puji Silvia_Undergraduate Theses_2019.pdf
(3.51MB;
35 download
)
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang diperoleh setelah melakukan pembelajaran. Hasil belajar bukan hanya terkait dengan kognitif dan psikomotorik, melainkan juga terlihat dengan afektif atau sikap siswa selama pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk melihat hasil belajar siswa, khususnya dalam ranah afektif adalah metode sosiodrama. Metode sosiodrama adalah metode pembelajaran yang mensimulasikan suatu peristiwa atau kejadian yang berkaitan dengan hubungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap hasil belajar afektif siswa kelas IV SD Strada Slamet Riyadi I Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan bentuk True-Eksperimental Design yaitu Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi untuk melihat afektif siswa khususnya pada sikap tanggung jawab dan percaya diri melalui metode sosiodrama. Teknik nalisis data penelitian menggunakan statistik non parametrik karena data yang digunakan berskala ordinal dan data berdistribusi tidak normal. Hasil pengujian menggunakan uji Mann-Whitney dengan Asymp.Sig menunjukkan bahwa metode sosiodrama berpengaruh pada hasil belajar afektif siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat menggunakan metode sosiodrama untuk menunjukkan hasil belajar afektif siswa kelas IV SD Strada Slamet Riyadi I Tangerang.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.140625 second(s)