Orangtua mempunyai peranan yang penting dalam proses pendidikan anak. Sebagai tambahan, pendampingan yang diberikan oleh orangtua akan membantu peserta didik dalam proses pendidikan. Pendampingan dan peran serta orangtua memengaruhi perkembangan peserta didik, terutama dalm pengembangan soft skills dan life skills peserta didik. Pengembangan soft skills dan life skills peserta didik dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler peserta didik dilatih untuk memiliki keberanian, rasa percaya diri, mandiri, bertanggung jawab, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, pandangan orangtua terhadap kegiatan ekstrakurikuler serta pendampingan yang diberikan oleh orangtua untuk pengembangan soft skills dan life skills anak melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah orangtua, peserta didik, kepala sekolah, guru kelas dan pendamping ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan orangtua dalam kegiatan ekstrakurikuler membantu peserta didik dalam mengembangkan soft skills dan life skills. Pendampingan-pendampingan tersebut antara lain memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih ekstrakurikuler sesuai minatnya, memberikan motivasi ataupun masukan, hadir pada saat anak mengikuti pertandingan, membuatkan bekal ketika anak akan berlatih, serta memberikan fasilitas yang mendukung bagi perkembangan bakat anak. |