Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:08 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Aktivitas Gerakan Literasi Sekolah Dengan Minat Baca Siswa Kelas IV SD Strada BUdi Luhur I Bekasi
Bibliografi
Author: Kurnia, Ingridwati (Advisor); Sirait, Nita Awlita
Topik: Gerakan Literasi Sekolah; Minat Baca
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Nita Awlita Sirait_Undergraduate Theses_2019.pdf (4.83MB; 57 download)
Abstract
Aktivitas gerakan literasi sekolah adalah suatu kegiatan yang dilakukan guru dan siswa setiap hari sekolah selama 15 menit yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca siswa. Minat baca muncul dari keinginan seseorang yang kuat yang disertai usaha-usaha secara terus menerus dan melakukannya dengan perasaan senang tanpa adanya paksaan dari orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Tujuan penelitian ini untuk melihat ada tidaknya hubungan antara gerakan literasi sekolah dengan minat baca siswa kelas IV SD Strada Budi Luhur I Bekasi. Teknik pemilihan sampel yaitu sampling jenuh, sehingga sampel penelitian ini seluruh kelas IV yang berjumlah 121 responden, dimana 30 siswa digunakan untuk uji coba instrument. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Uji prasyarat data yaitu dengan uji validitas dan reliabilitas data. Teknik analisis data yaitu menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gerakan literasi sekolah dengan minat baca siswa kelas IV SD Strada Budi Luhur I Bekasi, hal ini ditunjukkan dengan r hitung 0,251 lebih besar dari r tabel 0,207 dan diperoleh koefisien determinasinya sebesar 6% dan 94% ditentukan oleh faktor lain seperti penerapan gerakan literasi di sekolah tersebut belum cukup lama dan tidak adanya dorongan dari lingkungan keluarga. Dari hasil r hitung, hubungan antara dua variabel tergolong rendah. Artinya semakin baik pelaksanaan gerakan literasi sekolah maka semakin positif peningkatan minat baca siswa. Oleh karena itu guru sebaiknya memiliki berbagai strategi yang dapat menarik perhatihan siswa untuk gemar membaca dan guru mampu memilih jenis buku yang disenangi siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)