Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:27 WIB
Detail
BukuImplementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Kelas II Dan V SDN Kedoya Selatan 04 Pagi
Bibliografi
Author: PAMUNGKAS, ROSARI DWI ; Rahmawati, M. Chori (Advisor)
Topik: Implementasi Pendekatan Saintifik; Pembelajaran Tematik Integratif
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang terdiri dari 5 komponen kegiatan yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan yang menuntut siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran terlebih dalam pembelajaran tematik integratif yang memadukan beberapa mata pelajaran sehingga perlu kreativitas dari seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik SDN Kedoya Selatan 04 Pagi Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kedoya Selatan 04 Pagi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas II dan V, 5 orang siswa kelas II dan V serta kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kepala sekolah dan guru mengetahui tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik integratif, 2) Guru sudah melaksanakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik yang mencakup 5 M yaitu: mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengkomunikasikan 3) Hambatan yang ditemui dalam implementasi pendekatan saintifik yaitu, sarana prasarana sekolah yang kurang mendukung, keberanian siswa dalam bertanya agak kurang, pelatihan kurikulum 2013 yang masih jarang diberikan kepada guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru dan sekolah supaya lebih meningkatkan kualitas guru dalam pelatihan tentang implementasi pendekatan saintifik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.34375 second(s)