Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang terdiri dari 5 komponen kegiatan yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan yang menuntut siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran terlebih dalam pembelajaran tematik integratif yang memadukan beberapa mata pelajaran sehingga perlu kreativitas dari seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik SDN Kedoya Selatan 04 Pagi Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kedoya Selatan 04 Pagi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas II dan V, 5 orang siswa kelas II dan V serta kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kepala sekolah dan guru mengetahui tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik integratif, 2) Guru sudah melaksanakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik yang mencakup 5 M yaitu: mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengkomunikasikan 3) Hambatan yang ditemui dalam implementasi pendekatan saintifik yaitu, sarana prasarana sekolah yang kurang mendukung, keberanian siswa dalam bertanya agak kurang, pelatihan kurikulum 2013 yang masih jarang diberikan kepada guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru dan sekolah supaya lebih meningkatkan kualitas guru dalam pelatihan tentang implementasi pendekatan saintifik. |