Bahan ajar adalah bahan yang di dalamnya terdapat seperangkat materi yang disusun secara runtut dan sistematis. Bahan ajar digunakan guru sebagai pedoman dalam proses maupun pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar cetak tematik pada subtema tanaman di sekitarku kelas I SD. Penelitian ini terdiri dari sembilan tahap model pengembangan Borg and Gall yaitu 1) melakukan analisis kebutuhan yang berkaitan dengan pengembangan bahan ajar, 2) mengumpulkan data dengan menganalisis KD empat mata pelajaran dan buku Pemerintah kelas I SD subtema Tanaman di Sekitarku, 3) mendesain produk dengan lima kegiatan pembelajaran sesuai alokasi waktu pada pembelajaran tematik, 4) melakukan validasi dengan ahli desain dan guru kelas I SD, 5) merevisi bahan ajar sesuai saran saat melakukan validasi, 6) melakukan uji coba bahan ajar bersama tiga siswa kelas I SD dan menanyakan respon siswa terhadap bahan ajar, 7) memperbaiki latihan soal penjumlahan pada lembar aktivitas pembelajaran empat dan lima, 8) melakukan uji coba bahan ajar di satu sekolah daerah Jakarta Timur, dan 9) menyempurnakan bahan ajar berdasarkan saran yang diberikan guru kelas I SD. Penelitian pengembangan ini memperoleh hasil bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki kelebihan yaitu terletak pada konten materi, menyajikan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dengan melibatkan siswa untuk aktif dan kreatif, menyajikan lembar refleksi diri pada setiap akhir pembelajaran, serta menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa kelas I SD. Namun, terdapat kekurangannya yaitu belum menyajikan informasi pendukung pada muatan PKn. Bahan ajar ini layak digunakan sebagai referensi dalam mengajar di kelas I SD dan guru bisa memperluas dari sumber-sumber lain, sehingga bahan ajar yang digunakan tidak terbatas dari satu sumber saja. |