Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap prestasi akademik matematika dan bahasa Indonesia siswa kelas IV dan V di SDK 4 BPK Penabur Cipinang Indah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SDK 4 BPK Penabur Cipinang Indah dengan menggunakan populasi sebesar 288 siswa yang terdiri dari siswa kelas IV dan siswa kelas V. Untuk sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 144 siswa yang mana terdiri dari 4 kelompok yaitu kelas IV B, IV C, V B, dan VC. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik kuesioner (angket) untuk variabel konsep diri, teknik dokumentasi untuk variabel prestasi akademik, dan teknik wawancara untuk variabel konsep diri dan variabel prestasi akademik. Hasil perhitungan uji regresi sederhana menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh terhadap prestasi akademik pada mata pelajaran matematika. Koefisien regresi yang diperoleh bersifat positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh konsep diri terhadap prestasi akademik pada mata pelajaran matematika adalah positif. Dengan diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t diperoleh nilai sebesar 3,527 > t tabel 1,976. Sedangkan untuk hasil perhitungan uji regresi sederhana pada mata pelajaran bahasa Indonesia menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh terhadap prestasi akademik. Koefisien regresi yang diperoleh bersifat positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh konsep diri terhadap prestasi akademik pada mata pelajaran bahasa Indonesia adalah positif. Dengan diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai t diperoleh nilai sebesar 3,123 > t tabel 1,976. Maka dapat disimpulkan bahwa apabila siswa memiliki konsep diri yang baik maka siswa akan memperoleh prestasi akademik yang baik. |