Motivasi belajar sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dengan adanya motivasi belajar dapat membangkitkan dan mengarahkan peserta didik untuk mempelajari sesuatu yang baru. Dengan memberikan motivasi yang sesuai kepada siswa diharapkan tumbuh semangat siswa dalam belajar, mengubah perilaku siswa, dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Motivasi belajar dibagi menjadi dua jenis yaitu, motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik merupakan motivasi yang ada pada diri siswa, sedangkan motivasi ekstrinsik merupakan motivasi yang didapat dari luar. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di kelas V B dan VC SD Strada Nawar Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VB dan VC SD Strada Nawar Bekasi. Dalam penelitian ini jumlah siswa kelas VB sebanyak 35 siswa dan siswa kelas VC 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Strada Nawar Bekasi. Nilai signifikansi motivasi belajar lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,884 > 2,000), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Strada Nawar Bekasi. Saran peneliti untuk guru dapat memberikan motivasi belajar kepada siswa dengan tepat dan sesuai saat melakukan kegiatan pembelajaran, sehingga motivasi belajar siswa meningkat dan dapat berpengaruh pada hasil belajar. Saran peneliti untuk sekolah diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dengan guru secara berkesinambungan dalam memperhatikan siswa-siswinya sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan hasil belajar siswa dapat tercapai secara optimal. Saran peneliti yaitu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar matematika, selain motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Dan Matematika |