Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:48 WIB
Detail
BukuHubungan antara Music Engagement dan Purchase Intention JKT48 Musical Product
Bibliografi
Author: Aryanto, Christ Billy (Advisor); Anadilla, Beby Chaesara
Topik: Music Engagement; Purchase Intention; JKT48 Musical Product
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Beby Chaesara Anadilla_Undergraduated Theses_2019.pdf (10.18MB; 44 download)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara music engagement dan purchase intention JKT48 musical product. Music engagement merupakan tingkat partisipasi aktif individu dalam aktivitasnya pada musik. Purchase intention merupakan kecenderungan individu untuk membeli suatu produk. Sebagai idol group di Indonesia, JKT48 ingin melebarkan sayapnya kepada masyarakat luas agar meningkatkan eksistensi dan penjualan produk musiknya yang belakangan menurun. Musik sendiri dengan mudahnya menemani aktivitas kehidupan manusia sehari-hari yang akhirnya menentukan bagaimana nilai keterlibatan seseorang pada musik. Penelitian-penelitian sebelumnya mengenai keterlibatan dan konsumsi terhadap musik dalam berbagai perspektif, diduga dapat menjadi pendorong konsumen untuk tertarik membeli produk musik. Penelitian menggunakan desain korelasional dengan convenience sampling pada total 1734 partisipan dengan persebaran fans sebanyak 1293 partisipan dan non-fans sebanyak 441 partisipan. Music engagement diukur menggunakan Music Use Questionnaire yang terdiri dari 32 item untuk mengukur indeks music engagement dan music engagement style. Purchase intention diukur menggunakan PI-48 yang terdiri dari 17 item. Variabel tersebut dianalisis menggunakan teknik Sperman Rank, dan Mann Whitney U-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dimensi yang membentuk variabel music engagement memiliki korelasi positif dengan purchase intention (0,256=?=0,412, n=1734, p<0,05). Kemudian peneliti melakukan uji beda untuk analisis data tambahan, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat music engagement yang signifikan pada kelompok fans dan non-fans (p>0,05) dan terdapat perbedaan tingkat purchase intention yang signifikan pada kelompok fans dan non-fans (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa meskipun memiliki tingkat purchase intention berbeda, tetapi partisipan fans maupun non-fans yang memiliki keterlibatan dengan musik dalam kehidupan sehari-hari cenderung memiliki ketertarikan untuk membeli produk musik JKT48.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)