Keterampilan berbahasa perlu dikuasai oleh siswa. Salah satunya adalah keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara diperlukan agar mampu memaparkan gagasan dengan baik. Keterampilan berbicara dapat ditunjang menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran menjadi perantara komunikator dalam menyampaikan pesan sehingga dapat menstimulus agar terjadi proses belajar pada siswa. Namun, yang terjadi di lapangan adalah siswa masih minim akan keterampilan berbicara dan media pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena keterbatasan guru dalam ide, waktu, fasilitas serta penggunaan media. Salah satu media yang dapat menunjang keterampilan berbicara siswa adalah media gambar seri. Media gambar seri merupakan beberapa gambar yang memiliki perbedaan, tetapi saling berhubungan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran gambar seri yang telah divalidasi dan diujicobakan. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil layak diujicobakan setelah direvisi. Kegiatan uji coba dilakukan di SDN Tamansari 01 Pagi dan SDN Cengkareng Barat 11. Prosedur penelitian dan pengembangan ini mengadapatasi model ADDIE dengan teknik observasi, wawancara dan angket yang dianalisis secara kualitatif. Dari hasil uji coba, media ini layak digunakan dalam pembelajaran karena dapat menunjang keterampilan berbicara siswa dan membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Melalui pengembangan media ini, diharapkan guru semakin termotivasi untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang keterampilan berbicara siswa di kelas V SD. |