Motivasi merupakan suatu tindakan atau dorongan yang mucul karena ada tujuan yang ingin dicapai. Motivasi menjadi guru SD terjadi karena adanya dorongan dan keinginan dari dalam diri ataupun dari luar. Selain itu untuk menjadi seorang guru SD maka harus mempunyai kemampuan mengajar dan menguasi 11 keterampilan dasar proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat ada tidaknya hubungan antara motivasi menjadi guru SD dengan KDPP pada mahasiswa PGSD UAJ. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan subyek penelitian adalah mahasiswa PGSD UAJ yang sedang mengambil mata kuliah KDPP di semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 69 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi menjadi guru dalam kategori sedang dan KDPP dalam kategori tinggi sehingga dapat ditemukan bahwa tidak ada hubungan antara motivasi menjadi guru SD dengan keterampilan dasar proses pembelajaran pada mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah KDPP, hal ini ditunjukkan dengan rhitung 0,129 lebih kecil dari rtabel 0, 235 dan diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar 2% dan 98% ditententukan oleh faktor lainnya. Artinya setiap mahasiswa dapat mendapatkan hasil tes KDPP yang tinggi ketika ada kemauan untuk belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh tanpa memiliki motivasi menjadi guru. Oleh karena itu setiap mahasiswa diharapkan untuk belajar dan berlatih sehingga menjadi guru SD yang profesional dengan menguasi kesebelas keterampilan dasar proses pembelajaran. |