Pada penelitian ini, dua kombinasi sistem suspensi gabungan; pasif-MR damper dengan PID controller dan pasif-MR dengan input tegangan 2 V, dihasilkan untuk meningkatan kualitas berkendara dengan mengurangi dampak getaran vertikal pada rentang frekuensi 4-8 Hz. Sistem suspensi gabungan tersebut dapatmewakili kemampuan komponen pasif dalam mengatasi trade-off antara kenyamanan dan performa kendaraan, dan kemampuan semi-active MR dampers dalam meningkatkan fleksibilitas sistem pada berbagai kondisi jalanan. Algoritma particle swarm optimization (PSO) diterapkan untuk mengoptimalkan parameter-parameter pada sistem yang dikombinasikan. Kemudian, performa kedua sistem tersebut dianalisis melalui simulasi respon dinamik menggunakan pemodelan 8-DoF quarter vehicle, termasuk model biodynamics untuk pemodelan penumpang, yang diberikan input berupa variasi getaran pada kondisi jalanan yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis, sistem kombinasi dengan PID mampu meningkatkan kualitas berkendara hingga 59.22% dan meningkatkan kenyamanan berkendara hingga 16 jam pada kondisi normal. Di sisi lain, sistem gabungan dengan input 2 V mampu menjaga keamanan struktur kendaraan hingga kondisi amplitudo bump jalan mencapai 0.20 m. |