Anda belum login :: 27 Nov 2024 07:18 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbaikan Kualitas Pelayanan pada Klinik Blessing Dentist dengan Metode SERVQUAL dan IPA
Bibliografi
Author:
Inderawati, M M Wahyuni
(Advisor);
Liwangsa, Kevin Widyananda
Topik:
Metode Service Quality
;
Importance Performance Analysis
;
Sistem Informasi
;
Metode SDLC
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Tugas Akhir Kevin_2015043015.pdf
(8.9MB;
12 download
)
Abstract
Kualitas dari sebuah pelayanan menjadi salah satu aspek penting dalam sebuah industri jasa untuk dapat bersaing dengan industri jasa yang lain. Oleh karena hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja pelayanan pada Klinik Blessing Dentist mengenai bagaimana tanggapan konsumennya terhadap kualitas pelayanan dari klinik tersebut. Pada penelitian ini, digunakan Metode Service Quality (SERVQUAL) dan Importance Performance Analysis (IPA) sebagai alat untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap pelayanan klinik dan juga mengetahui prioritas atribut yang menjadi fokus perbaikan, dengan menggunakan prinsip kerja Six Sigma yaitu DMAIC sehingga tahapan penelitian dilakukan dari mulai mencari permasalahan hingga mendapatkan solusi permasalahan. Penentuan akar permasalahan dilakukan dengan menggunakan fishbone diagram dan 5 whys. Akar permasalahan akan dianalisa untuk mencari solusi terbaik guna meningkatkan kualitas pelayanan dari Klinik Blessing Dentist. Hasil yang telah didapatkan, terdapat 9 dari 17 atribut yang diuji memiliki tingkat kepuasan yang rendah yaitu berada pada kuadran I dan kuadran III berdasarkan Metode IPA. Lima atribut diantaranya dapat diselesaikan dengan membuat sistem informasi menggunakan Metode System Development life cycle (SDLC) dan 4 atribut yang lain diberikan saran perbaikan yang dapat dilakukan. Tahapan pembuatan sistem informasi dimulai dari identifikasi kebutuhan sistem informasi, analisa, perancangan, dan pembuatan. Tahapan identifikasi pada Metode SDLC akan menggunakan atribut dari hasil kuisioner dan juga kebutuhan dari staf klinik yang mengoperasikan sistem tersebut. Pembuatan sistem ini menggunakan Microsoft Access 2016 dan sistem informasi yang telah dibuat diberi nama Aplikasi Blessing Dentist.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)