Komunikasi pemasaran merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen saran mengenai perbedaaan produk di pasar. Salah satu bentuk komunikasi pemasaran adalah melalui iklan. Komunikasi pemasaran dalam bentuk iklan pun telah memasuki ranah digital, salah satunya adalah iklan aplikasi streaming musik Spotify. Spotify memiliki layanan premium yang diiklankan dalam aplikasi itu sendiri untuk menjangkau keputusan pembelian pengguna. Penelitian ini menggunakan konsep advertising value dengan indikator entertainment, informativeness, irritation, credibility, dan incentive untuk menilai iklan Spotify premium serta pengaruhnya terhadap keputusan pengguna untuk membeli layanan premium tersebut dengan teori Hierarchy of Effect Model, yaitu awareness, knowledge, liking, preference, conviction, dan purchase. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan Spotify premium terhadap keputusan pembelian pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel, yaitu mahasiswa aktif Program Studi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya angkatan 2015-2018. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah iklan Spotify premium memiliki pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna. |