Resto Torano merupakan bisnis rumah makan khas Manado yang berdiri sejak tahun 2016. Resto Torano menawarkan menu nasi kuning khas Manado yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Hal tersebut menjadikan Resto Torano unggul dan berbeda dengan kompetitor lainnya. Sebelum dilakukannya pengembangan Resto Torano masih menggunakan metode konvensional dalam hal keuangan dan pemasaran. Varian menu yang sedikit serta akses yang sulit ke lokasi Resto Torano juga merupakan penghalang bagi perkembangan usaha kuliner ini. Dalam penelitian ini, penulis bertujuan untuk mengembangkan dan melakukan perbaikan dengan membuat sistem baru serta varian produk baru. Hal ini dilakukan guna menunjang kelangsungan Resto Torano serta memaksimalkan profit. Dengan tambahan modal kerja sebesar Rp14.700.000 untuk melakukan pengembangan ini, Resto Torano berpotensi untuk berkembang dan menghasilkan net income sebesar Rp363,095,342 serta profit margin sebesar 32% pada tahun 2023. |