Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:32 WIB
Detail
BukuGambaran Organizational Attractiveness Para Pencari Pekerjaan (Job Seeker) Pada Perusahaan Media Cetak di Jabodetabek
Bibliografi
Author: Rocky (Advisor); Maharani, Adlina
Topik: perusahaan media cetak; job seeker; organizational attractiveness
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2014-070-247,Adlina Maharani,Rocky M.Psi,Gambaran Organizational Attractiveness Para Pencari Pekerjaan (Job Seeker) Pada Perusahaan Media Cetak di Jabodetabek,26 April 2019.pdf (2.01MB; 27 download)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai tingkat
ketertarikan organisasi (organizational attractiveness) para pencari pekerjaan (job seeker) pada perusahaan media cetak di Jabodetabek. Penelitian ini dilakukan karena cukup banyak perusahaan media cetak yang berhenti beroperasi. Hal ini dapat terjadi karena menurunnya konsumsi masyarakat terhadap koran dan majalah hasil produksi perusahaan media cetak dan beralih ke media internet. Peristiwa tersebut memiliki kemungkinan dapat memengaruhi ketertarikan masyarakat khususnya calon pelamar pekerjaan terhadap perusahaan media cetak.
Penelitian ini merupakan survey research design, menggunakan metode
deskriptif kuantitatif dengan penggunaan alat ukur organizational attraction. Organizational attraction scale terdiri dari 15 item yang diciptakan oleh Highhouse, Lievens, dan Sinar (2003). Pengukuran dalam alat ukur organizational attraction berbentuk pernyataan dengan skala Likert. Responden dari penelitian ini berjumlah 95 orang yang merupakan para pencari pekerjaan (job seeker) dan berada di Jabodetabek. Teknik convenience sampling digunakan untuk mengumpulkan responden yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian diolah menggunakan metode deskriptif dalam melihat tingkat ketertarikan responden terhadap perusahaan media cetak. Penelitian ini juga menggunakan metode uji beda Kruskal-Wallis untuk melihat perbedaan di antara ketiga domain skala organizational attractiveness. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketertarikan responden terhadap perusahaan media cetak tergolong sedang. Selain itu, diketahui pula bahwa prestige merupakan aspek yang mendorong responden untuk melamar kerja di perusahaan media cetak. Hasil penelitian ini dapat menjelaskan bahwa para pencari kerja masih memiliki ketertarikan terhadap perusahaan media cetak walaupun kondisi perusahaan sedang tidak stabil. Namun, hal tersebut tetap memiliki potensi menurunkan ketertarikan job seeker untuk bekerja di perusahaan media cetak jika perusahaan tidak memiliki strategi untuk meningkatkan ketertarikan para pencari pekerjaan agar perusahaan tetap memeroleh sumber daya manusia yang berkualitas serta memenuhi kebutuhan perusahaan media cetak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)