Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh sebuah fakta bahwa dalam kemampuan siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman materi bangun datar pada siswa kelas III SD Santa Anna. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dikembangkan oleh Sugiyono 2016 yang meliputi : Peneliti memberikan lembar tes, wawancara, dan observasi. Tes ini digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang materi bangun datar selanjutnya tes tersebut di deskripsikan terkait pemahaman siswa dalam mengerjakan tes materi bangun datar. Hasil dari penelitian kualitatif ini yakni: terdapat nilai rata-rata 43,17 dari 12 siswa yang hasil tes. Selanjutnya dipilih subjek yang mengalami ketidak pemahaman materi bangun datar. Peneliti memilih subyek berdasarkan hasil dari nilai tes yang telah dilakukan dan pengamatan selama proses pembelajaran yang dilaksanakan. Pemahaman materi bangun datar ada beberapa siswa mengalami kesalah pahaman dalam menentukan rumus keliling dan luas pada bangun datar persegi maupun persegi panjang. Hendaknya guru memberikan materi pembelajaran, guru harus dapat memilih metode pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi yang disampaikan dengan baik dan benar. |