Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:43 WIB
Detail
BukuPola kemandirian “kids zaman now” dalam menghadapi tantangan global
Bibliografi
Author: Fauziah, Siti ; Prof. Dr. Suryanto, M.Si
Topik: Pola kemandirian; kids zaman now; menghadapi tantangan global; Independence Model; Facing global Challenge
Bahasa: (ID )    
Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext: POLAKEMANDIRIANKIDSZAMANNOWDALAMMENGHADAPITANTANGANGLOBAL-Fullpaper, Suryanto.pdf (50.78KB; 0 download)
Abstract
Perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial yang erat kaitannya dengan pencapaian kemandirian. Pencapaian kemandirian sangat penting bagi anak di usia sekolah dasar akhir yang akan memasuki usia remaja, karena hal itu sebagai tanda kesiapannya untuk memasuki fase berikutnya. Ketergantungan pada orang lain dapat menyebabkan keraguan dalam mengambil keputusan sendiri, tidak percaya diri, dan mudah terpengaruh oleh orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemandirian dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian kids zaman now atau masa peralihan dari kanak-kanak ke remaja awal. Dimana pembentukan karakter tersebut terjadi saat itu. Pada era global, kemandirian sangat dibutuhkan agar mampu bersaing dengan bangsa lain serta membuat keputusan dalam kehidupan. Metode penelitian ini menggunakana pendekatan kualitatif, metode penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam (in depth interview) dan observasi dengan kateristik subyek siswa di kelas akhir sekolah dasar. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian perilaku (behavioral autonomy) ditunjukkan dengan memiliki rasa percaya diri (selfreliance) yang ditandai oleh (a) merasa mampu memenuhi kebutuhan seharu-hari di rumah dan di sekolah, (b) merasa mampu memenuhi tanggung jawab di rumah dan di sekolah, (c) merasa mampu mengatasi sendiri masalahnya, dan (d) berani mengemukakan idea atau gagasan. Agar kemandirian ini dapat berkembang optimal, orang tua disarankan tidak memberikan banyak bantuan serta memberikan kepercayaan dalam membuat keputusan. Bagi sekolah, kemandirian ini dapat dioptimalkan melalui program di sekolah dan pembelajaran outdoor seperti home stay.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)