Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh variabel perencanaan pajak dan Real Earnings Management, terhadap variabel nilai perusahaan. Hasil dari analisis tersebut dapat digunakan oleh perusahaan yang menjual sahamnya kepada publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam memilih variabel yang tepat dalam meningkatkan nilai perusahaanya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data pada tahun 2015 – 2017 pada perusahaan manufaktur yang menjual sahamnya kepada publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dari hasil analisis laporan keuangan perusahaan, dapat disimpulkan bahwa variabel perencanaan pajak berpengaruh positif terhadap variabel nilai perusahaan, namun variabel Real Earnings Management berpengaruh negatif secara signifikan terhadap variabel nilai perusahaan. Sehingga dengan demikian, thesis ini memberikan sumbangan pengetahuan kepada perusahaan manufaktur yang menjual sahamnya kepada publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia bahwa variabel Tax Planning dan Real Earnings Management merupakan variabel yang dapat meningkatkan nilai perusahaannya. |