Era globalisasi membuat batas antar negara semakin kabur, hal tersebut membuka peluang bagi para perusahaan yang melakukan bisnis dalam cakupan internasional untuk memiliki target pasar baru. Perusahaan dituntut untuk memiliki strategi yang digunakan untuk melakukan penetrasi pasar. Bauran ritel perusahaan menjadi daya pembeda dan menciptakan keunggulan perusahan dibanding para pesaingnya, serta memenuhi kebutuhan para pelanggan. IKEA merupakan perusahaan ritel dibidang furniture yang memiliki cakupan bisnis internasional, hal ini terbukti dari kegiatan operasional yang dilakukan di berbagai negara. Store atmosphere adalah salah satu bagian dari bauran ritel perusahaan, IKEA memiliki cara unik untuk merancang store atmosphere di setiap gerai mereka. Sebagai perusahaan furniture yang berbisnis dalam skala global, IKEA menerapkan strategi global yang digunakan untuk melakukan penetrasi pasar. Store Atmosphere gerai IKEA masuk kedalam bauran ritel yang telah dirancang oleh perusahaan pusat, penerapan strategi global membuat perusahaan pusat memiliki andil besar dalam setiap bentuk kegiatan operasional perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Store Atmosphere gerai IKEA Alam Sutera mempengaruhi keputusan pembelian para konsumen. IKEA juga memiliki persepsi Store Atmosphere yang sangat baik di benak para pelanggan. IKEA sebagai perusahaan dengan bisnis diskala global, melakukan penerapan strategi global pada kegiatan operasional perusahaan. Perusahaan pusat memainkan peran yang besar dalam proses perancangan produk sampai dengan perancangan gerai IKEA diseluruh dunia. IKEA juga memperhatikan kegiatan produksi perusahaan yang ditujukan untuk mencapai skala ekonomi untuk melakukan penekanan harga produk. |