Maraknya aplikasi kencan online menjadi suatu hal yang menarik bagi siapapun yang hendak mencari teman, dan mencari pasangan khususnya bagi kalangan muda. Namun, dampak negatif yang dapat diperoleh dari penggunaan aplikasi kencan online antara lain adalah pelecehan seksual, pemalsuan identitas, pemerkosaan, hingga pembunuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku menyimpang terhadap pembentukan citra aplikasi kencan Tinder di mata konsumen. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, komunikasi korporasi, perilaku menyimpang, citra dan media baru.Indikator dari variabel X pada penelitian ini adalah kategori perilaku menyimpang yang memiliki 3 dimensi yaitu tindakan nonconfrom, tindakan antisosial, dan tindakan kriminal. Sedangkan indikator untuk variabel Y pada penelitian ini adalah citra individu terhadap rangsang yang memiliki 4 dimensi yaitu persepsi, kognisi, motivasi dan sikap. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif dimana kuisioner disebarkan kepada 100 orang responden secara acak. Hasil dari penelitian ini adalah perilaku menyimpang memiliki pengaruh yang kuat, negatif dan signifikan terhadap pembentukan citra aplikasi di mata konsumen. |