Anda belum login :: 27 Nov 2024 13:12 WIB
Detail
BukuGambaran Tingkat Pemenuhan Kebutuhan Dasar Psikologis Pengguna Electronic Games
Bibliografi
Author: Rumamissa, Caroman Sitepu Van ; Dahesihsari, Rayini (Advisor)
Topik: kebutuhan dasar psikologis; electronic games; gamer; perilaku gaming
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Caroman Sitepu Van Rumamissa's undergraduate theses.pdf (1.85MB; 31 download)
Abstract
Pada tahun 2017, Indonesia tercatat sebagai negara dengan konsumsi electronic games (EG) terbesar ke-16, namun pelaku industri Indonesia hanya bias menikmati 9% dari seluruh konsumsi EG di Indonesia. Developer lokal hanya menikmati 1.2% dari tingginya konsumsi tersebut. Melihat hal ini, Kemkominfo menargetkan untuk menguasai 50% dari potensi pasar di Indonesia pada 2020. Untuk meningkatkan daya saing Developer lokal, pemahaman terhadap aspek psikologi dari konsumsi EG penting dilakukan, salah satunya adalah mengetahui tingkat pemenuhan kebutuhan dasar psikologis pengguna EG di Indonesia. Tujuan penlitian ini adalah untuk melihat gambaran tingkat pemenuhan kebutuhan dasar psikologis pengguna EG. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantiatif. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring (Google Form) dengan alat ukur basic psychological need satisfaction scale (BPNSS) 16 item skala Likert dari 1 (Sangat Tidak Tepat) hingga 7 (Sangat Tepat) kepada 130 pengguna EG, yang dipilih dengan menggunakan convenience sampling. Data dianalisa menggunakan distribusi frekuensi dan central tendency untuk melihat tingkat pemenuhan kebutuhan dasar psikologis. Selanjutnya Independent t-test, ANOVA, Mann-Whitney U, dan Kruskal Wallis juga digunakan untuk menganalisa perbedaan data demografik partisipan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar pengguna EG memiliki tingkat pemenuhan kebutuhan dasar psikologis autonomy dan competence yang rendah. Berdasarkan dari nilai tengah, tingkat pemenuhan kebutuhan dasar yang paling rendah dari pengguna EG adalah pemenuhan kebutuhan competence. Dengan demikian Developer lokal perlu mengembangkan EG dengan fitur-fitur yang memenuhi kebutuhan dasar psikologis autonomy dan relatedness. Edukasi pada pengguna EG terhadap profil tingkat pemuasan kebutuhan dasar psikologis mereka juga penting dilakukan. Implikasi di atas walaupun demikian perlu dilakukan secara hati-hati mengingat hasil penelitian tidak begitu saja dapat digeneralisasi di luar lingkup partisipan penelitian ini.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)