Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:10 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Faktor-Faktor yang Mendorong Terbentuknya Loyalitas Konsumen Pasta Gigi Darlie Di Jakarta
Bibliografi
Author:
Dahesihsari, Rayini
(Advisor);
Clarisa, Nessyahana
Topik:
Loyalitas konsumen
;
kepuasan pelanggan
;
switching produk.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
2012070272, Nessyahana Clarisa, Rayini Dahesihsari, Faktor-Faktor yang Mendorong Terbentuknya Loyalitas Konsumen Pasta Gigi Darlie Di Jakarta, 22 Februari 2019.pdf
(552.94KB;
35 download
)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi faktor-faktor yang mendorong terbentuknya loyalitas konsumen pasta gigi Darlie. Keberadaan merk pasta gigi ini, yang tidak hanya termasuk jenis industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) yang pertumbuhannya pesat dan sangat kompetitif antar merk, produk ini juga pernah tidak muncul di pasaran dan hanya dijual secara ilegal dengan distribusi terbatas. Namun demikian produk ini tetap dicari oleh konsumen loyalnya. Hal unik lain dari produk ini adalah harganya yang relatif lebih tinggi dibanding produk sejenis, namun loyalitas tetap terjaga.
Pendekatan kualitatif dipakai dalam penelitian ini untuk mendapatkan gambaran yang khas dari faktor-faktor pendorong munculnya loyalitas konsumen. Metode wawancara digunakan dalam pengambilan data dengan tiga partisipan. Karakteristik partisipan adalah konsumen yang telah menggunakan pasta gigi Darlie minimal 6 bulan setiap tahun sejak tahun 2010 ketika produk masih belum dijual secara legal dan distribusi terbatas
Hasil penelitian menujukkan bahwa kepuasan penggunaan menjadi salah satu faktor yang mendorong perilaku loyalitas konsumen pasta gigi Darlie. Dari sisi harga, ketiga partisipan tidak mempertimbangkan faktor harga dalam keputusan pembeliannya. Selama harga masih dipersepsi rasional, maka partisipan akan tetap melakukan pembelian ulang terhadap produk tersebut. Selain itu, walaupun tidak terlalu mudah diperoleh, partisipan memiliki strategi tersendiri untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan pembelian untuk penggunaan 3-6 bulan ke depan. Faktor lain yang juga penting mendorong loyalitas partisipan adalah adanya significant others dari partisipan yang menanamkan value produk pada diri mereka. Value tersebut mendorong partisipan memiliki rasa keterikatan dengan produk. Hasil ini menunjukkan adanya faktor positif yang mendorong loyalitas yaitu kepuasan dan nilai bermakna dari produk tersebut di mata konsumen. Sedangkan faktor yang kurang menguntungkan, yaitu harga yang cukup tinggi dan keterbatasan distribusi produk diatasi dengan strategi tertentu dari partisipan sehingga tidak mengurangi loyalitas mereka terhadap produk.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)