Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:39 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Keterlibatan Orang Tua Dengan Proses Belajar Iman Anak (Penelitian Pada Lembaga Bina Iman Keluarga di Kelapa Gading)
Bibliografi
Author:
Tunjungsari, Laurensia Harini
(Advisor);
Hana, Priscilla
Topik:
Keterlibatan Orang Tua
;
Proses Belajar
;
Iman Anak
;
Tahap Perkembangan Iman
;
Tuhan Atau Ilah
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2019
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
2014070092, Priscilla Hana, Laurensia Harini Tunjungsari, Hubungan Antara Keterlibatan Orang Tua dengan Proses Belajar Iman Anak, 22 Feb 2019.pdf
(823.22KB;
29 download
)
Abstract
Iman terhadap Tuhan atau ilah merupakan salah satu karakter yang perlu dipelajari anak. Fowler meyakini bahwa keterlibatan orang tua memiliki hubungan dengan perkembangan proses belajar iman anak. Sayangnya, masih ada orang tua tidak paham pentingnya keterlibatan dalam perkembangan anak diikuti dengan minimnya dukungan dari lembaga berbasis pendidikan untuk anak. Peneliti kemudian menemukan lembaga Bina Iman Keluarga Sahabat Kristus yang memfasilitasi keterlibatan orang tua dalam proses anak belajar mengenai iman. Peneliti menduga, orang tua yang bekerja sama dengan lembaga ini memiliki pengetahuan dan aksi keterlibatan dalam perkembangan anak yang baik. Maka melalui penelitian ini, peneliti ingin melihat apakah keterlibatan orang tua dalam program lembaga ini memiliki hubungan dengan proses belajar iman anak. Sejumlah 48 partisipan orang tua mengisi kuisioner KORTU yang berisi 71 pernyataan mengenai pengambilan keputusan orang tua untuk terlibat dan bentuk keterlibatan yang dilakukan orang tua berdasarkan hasil keputusannya. Di samping itu, 48 partisipan anak juga mengisi kuisioner PIA yang berisi 20 pernyataan mengenai tahapan proses belajar iman yang sekiranya pernah atau sedang dilalui anak, yaitu primary faith, intuitive-projective faith, mythical-literal faith dan synthetic-conventional faith. Berdasarkan hasil uji pearson correlation, diketahui bahwa keterlibatan orang tua berkorelasi secara negatif terhadap iman anak. Analisa tambahan juga menunjukkan bahwa domain parental involvement decision berkorelasi negatif dengan total domain primary faith dan intuitive-projective faith serta dengan total kuisioner PIA. Di samping itu, domain parental involvement behavior tidak berkorelasi dengan domain pada kuisioner PIA. Hasil analisa tambahan ini memperkuat dugaan bahwa keterlibatan orang tua tidak sepenuhnya menjadi faktor utama tercapainya tahapan proses belajar iman anak yang sesuai perkembangan usia anak. Peneliti menduga bahwa perkembangan kemandirian yang muncul pada usia anak menjelang remaja juga memiliki hubungan dengan proses belajar iman anak.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)