Seiring dengan berkembangnya sistem pelayanan publik di Indonesia, prosedur dan kebijakan pelayanan publik menjadi sangat beragam dan kompleks. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) adalah instansi pemerintah di bidang penanaman modal yang memiliki peran penting di Indonesia. Untuk membangun citra instansi pemerintah tersebut, BKPM melakukan berbagai strategi dan kegiatan eksternal lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi eksternal dalam membangun citra instansi pemerintah di BKPM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teori yang digunakan, antara lain Strategi Komunikasi Eksternal, Organisasi, dan Citra. BKPM melakukan strategi komunikasi eksternal dengan menggunakan komunikasi digital yaitu website dan media sosial, media below the line, dan tatap muka sebagai penyebar informasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi eksternal tersebut dapat dikatakan cukup berhasil pada narasumber eksternal, namun terdapat beberapa kekurangan terkait keterbukaan informasi serta beberapa proses dilakukannya strategi-strategi tersebut. Perbaikan dan peningkatan program serta layanan dapat memberikan citra yang lebih baik untuk BKPM. |