Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:19 WIB
Detail
BukuGambaran Kesiapan Sekolah Siswa di Taman Kanak Kanak X
Bibliografi
Author: Pandia, Weny Savitry S. (Advisor); Pristinella, Debri (Advisor); Meita, Alice Helena
Topik: Kesiapan Sekolah Anak; Kesiapan Anak; Kesiapan Orangtua; Kesiapan Sekolah; Taman Kanak-kanak
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: 20130070253, Alice Helena Meita, Weny Savitry Sembiring Pandia dan Debri Pristinella, Kesiapan Sekolah Siswa di Taman Kanak-Kanak X, 22 Februari 2019.pdf (971.88KB; 25 download)
Abstract
ABSTRAK
Alice Helena Meita, 2013070253 Gambaran Kesiapan Sekolah di Taman Kanak-kanak X Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya, Kampus Semanggi 26 Bibliography (1988-2013) Kata Kunci: Kesiapan Sekolah Anak, Kesiapan Anak, Kesiapan Orangtua, Kesiapan Sekolah, Taman Kanak-kanak

Kesiapan sekolah merupakan kemampuan anak dalam menyesuaikan diri dilingkungan sekolah yang di lihat dari kemampuan kognitif, motorik halus, motorik kasar, penilaian sosial, serta emosi. Kesiapan sekolah anak ketika pertama kali memasuki SD memiliki korelasi dengan keberhasilan akademis anak di tahun-tahun selanjutnya. Kesiapan sekolah pada penelitian ini juga mengacu pada dinamika antara anak, keluarga dalam hal ini orangtua, dan sekolah dalam proses transisi anak memasuki SD. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kesiapan sekolah anak di TK X, Jakarta Selatan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan explanatory sequential mixed method design. Peneliti memberikan tes kesiapan sekolah (NST) kepada anak, yang terdiri dari 10 subtes yang mengukur perkembangan kognitif, motorik halus, ketelitian, pengetahuan umum, sikap belajar, sosioemosi, dan kemampuan Bahasa. Kuesioner dan wawancara kepada orang tua, dan dilakukan observasi terhadap sekolah. Dengan demikian diperoleh gambaran kesiapan sekolah anak secara utuh dari anak, orangtua, dan pihak sekolah. Partisipan penelitian ini terdiri dari 35 siswa TK B di TK X, 35 orangtua, serta 3 orang guru dan kepala sekolah.
Hasil dari penelitian 35 siswa yang menjadi responden terdapat 16 orang (46%) responden termasuk dalam kategori siap, 13orang (37%) responden termasuk dalam kategori ragu-ragu, dan 6 orang (17%) responden termasuk dalam kategori belum siap untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SD. Orang tua sudah memiliki kesiapan untuk mendukung anak memasuki SD namun, masih perlu meningkatkan kesiapan dengan cara memperhatiakan aspek sosio-emosional, sikap belajar, bahasa dan komunikasi serta fisik. Kesiapan sekolah masih kurang memadai dalam mendukung anak memasuki SD, karena masih banyaknya standar pemerintah yang belum dipenuhi oleh pihak sekolah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.203125 second(s)