Distira adalah suatu perusahaan yang melakukan aktivitas perdagangan internasional secara mandiri sejak tahun 2008. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan strategi ekspor yang telah dilakukan oleh Distira serta melihat apakah strategi ekspor tersebut sudah tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer didapat lewat wawancara mendalam dengan dua narasumber yaitu direktur utama dan manager pemasaran Distira, sedangkan data sekunder didapat dari buku, jurnal, website, dan data perusahaan. Penelitian ini menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan yang kemudian akan dipertajam dengan analisis SWOT untuk mendapatkan beberapa pertimbangan strategi baru. Hasil penelitian menyimpulkan Distira sudah cukup tepat menggunakan strategi ekspor langsung dengan bantuan forwarder. Penelitian menyarankan Distira meningkatkan frekuensi penggunaan pemasaran online sebagai cara untuk mendapatkan pembeli-pembeli baru dengan membenahi website perusahaan dan memberikan pelatihan tambahan kepada karyawan. |