Anda belum login :: 27 Nov 2024 18:19 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Atas Kesalahan Pelaku Usaha Dalam Pemberian Informasi Penjualan Unit Apartemen X
Bibliografi
Author:
Mazmuria, Rahel Alexandra
;
Wulandari, Bernadetta Tjandra
(Advisor)
Topik:
Konsumen
;
Informasi
;
Apartemen
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2018
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Rahel Alexandra's Undergraduate Theses.pdf
(5.62MB;
41 download
)
Abstract
Penulis membahas kasus dimana konsumen A memesan unit Apartemen X dengan sistem Pre-Project Selling di perusahaan pengembang Y. Beberapa bulan setelah pemesanan unit apartemen, konsumen A bertanya mengenai kondisi pembangunan apartemen melalui telepon ke pegawai marketing perusahaan pengembang Y dan mendapat jawaban bahwa proses pembangunan sedang mengalami hambatan sehingga konsumen A tidak perlu melanjutkan angsuran pembayaran unit apartemen, Beberapa bulan kemudian ketika konsumen A datang langsung ke kantor pengembang untuk kembali menanyakan kondisi apartemen, konsumen A mendapat kabar bahwa tidak pernah ada hambatan dalam proses pembangunan dan unit apartemennya telah dijual oleh pengembang Y kepada pihak lain. Titik permasalahan yang terjadi ialah dalam satu perusahaan pengembang Y terdapat dua informasi berbeda yang disampaikan kepada konsumen A dan salah satu informasi yang disampaikan merupakan informasi yang tidak benar. Permasalahan hukum yang diteliti ialah bentuk perlindungan hukum dan bentuk tanggung jawab terhadap konsumen A atas kesalahan pengembang Y dalam penjualan unit Apartemen X. Penulis menggunakan metode penelitian yuridis normatif. Bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen A terkait kesalahan pemberian informasi ialah Pasal 10 huruf c juncto Pasal 62 ayat (1) UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan bentuk perlindungan hukum terkait memperlakukan dan melayani konsumen A secara tidak benar dan tidak jujur ialah konsumen A seharusnya mempunyai hak untuk mendapatkan salinan PPJB yang dapat dijadikan sebagai alat bukti kuat dalam pemenuhan haknya. Bentuk tanggung jawab yang diberikan pengembang Y kepada konsumen A ialah diberikannya unit apartemen lain yang berbeda lantai dan keringanan denda keterlambatan angsuran uang. Pihak pengembang Y harus lebih teliti mengeluarkan informasi dan mengawasi pegawai yang bekerja di perusahaan pengembang agar selalu menyampaikan informasi yang benar kepada konsumen.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)