Perkembangan Ilmu Komunikasi Pemasaran, pada industri advertising mengalami perkembangan secara dinamis dengan salah satu faktor pendorongnya adalah teknologi. Internet sebagai salah satu bentuk teknologi, melahirkan tren pemasaran, seperti e-commerce. Saat ini banyak e-commerce yang mulai beriklan dalam bentuk video advertising untuk menarik perhatian khalayak. Salah satu yang paling sering digunakan adalah melalui situs YouTube, dan PT Shopee International Indonesia (Shopee) sebagai e-commerce di Indonesia menggunakan YouTube untuk beriklan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online advertising YouTube berdasarkan elemen-elemen dorongan emosional dalam iklan digital yaitu kata-kata yang terdengar dan efek suara, musik, kata-kata yang terlihat, gambar, warna, dan gerakan/ gestur, terhadap proses keputusan konsumen mengunduh aplikasi Shopee berdasarkan komponen sikap konsumen, yaitu Attention, Interest, Desire, Action (AIDA). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantatif, dengan menggunakan simple random sampling, yaitu mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa kegiatan online advertising melalui YouTube yang dilakukan oleh Shopee memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mengunduh konsumen berdasarkan AIDA. Uji regresi menunjukkan semakin dilakukannya kegiatan online advertising, maka pengaruh yang ditimbulkan terhadap keputusan mengunduh konsumen akan semakin positif. |