Pemasaran digital melalui channel YouTube saat ini sedang berkembang. Salah satu bentuknya dengan rangkaian film pendek, oleh Tropicana Slim yang berjudul “SORE” – Istri dari Masa Depan. Maka, penelitian ini mengkaji pemasaran tersebut dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pesan iklan film pendek yang ditampilkan oleh Tropicana Slim berjudul “SORE” – Istri dari Masa Depan terhadap persepsi penonton yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Imu Komunikasi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Terdapat dua variabel yang diteliti yaitu pesan iklan sebagai variabel bebas, dan persepsi sebagai variabel terikat. Pada penelitian ini pesan iklan memiliki lima indikator yaitu urutan presentasi, menggambarkan kesimpulan, kepastian pesan, sanggahan, verbal dan visual pesan. Sedangkan persepsi memiliki enam aspek indikator yaitu presentation, attention, comprehention, yielding, retention, dan behaviour. Teknik pengambilan sampel berupa non-probability atau non-random sampling. Responden pada penelitian ini memiliki kriteria, mahasiswa aktif dan telah menyaksikan tayangan film pendek “SORE” – Istri dari Masa Depan. Hasil dari penelitian ini adalah pesan iklan film pendek “SORE” – Istri dari Masa Depan oleh Tropicana Slim di YouTube memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap persepsi mahasiswa. |