Internasionalisasi merupakan salah satu harapan yang diinginkan oleh seluruh perusahaan untuk memasuki tahapan pertumbuhan khususnya pertumbuhan pasar. Internasionalisasi dapat dilakukan oleh perusahaan manapun baik perusahaan skala mikro, kecil, dan menengah atau yang bisa disebut juga dengan UMKM. UMKM sudah banyak berpartisipasi secara aktif dalam perdagangan ekspor, dan dapat dikatakan sebagai bisnis yang layak untuk diperhitungkan di pasar internasional. Perusahaan X sebagai salah satu pelaku bisnis yang bergerak di bidang perdagangan ekspor buah-buahan dan dalam industri ini perusahaan menerapkan proses dan strategi untuk melakukan internasionalisasi. Oleh karena itu, topik mengenai proses dan strategi internasionalisasi beserta alasan dan seberapa efektif strategi tersebut pada Perusahaan X selaku eksportir buah menjadi hal yang menarik untuk dilakukan penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer diperoleh dari teknik wawancara mendalam dan data sekunder didapatkan dari studi literatur-literatur terkait. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Perusahaan X menggunakan entry mode exporting yaitu direct exporting dalam usahanya memasuki pasar internasional. Kemudian untuk strategi yang digunakan Perusahaan X adalah strategi differentiation pada kualitas buah. Untuk alasan perusahaan menggunakan proses dan strategi tersebut karena adanya peluang permintaan pasar yang cukup tinggi terhadap buah-buahan serta efektivitas dari proses dan strategi tersebut terbilang cukup efektif dan bisa diterapkan untuk membantu perusahaan mencapai keunggulan bersaing di masa mendatang. |