ANALISA KUALITAS LAYANAN JASA TRANSPORTASI COMMUTER LINE DENGAN METODE IPA DAN MODEL KANO Abstrak Pertumbuhan penduduk yang semakin kompleks, berpengaruh terhadap kemacetan khusunya didaerah ibu kota DKI Jakarta, dan sekitarnya. Kereta rel listrik menjadi salah satu transportasi alternatif umum yang digunakan oleh masyarakat untuk menghindari macetnya jalanan Jakarta,dan sekitarnya, namun bagaimana kualitas layanan yang telah diberikan oleh PT.KCI terhadap kepuasaan pelanggannya? Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk menganalisa kualitas layanan jasa kereta rel listrik dengan menggunakan metode IPA, model kano, dan integrasi IPA dengan model KANO. Sumber data untuk penelitian ini didapat dari website resmi www.krl.id,dan kuesioner yang disebar ke 240 responden yang telah 3 kali atau lebih menaiki kereta rel listrik. Data yang didapat dari responden diolah dengan menggunakan metode IPA, model kano, dan integrasi IPA dengan model KANO. Hasil dari pengolahan data, terdapat beberapa atribut yang masih perlu mengalami perbaikan, dimana atribut tersebut adalah stasiun memiliki fasilitas yang bersih dan nyaman, dan kapasitas gerbong kereta rel listrik sesuai dengan jumlah penumpang yang dipengaruhi oleh ketepatan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta rel listrik. Saran dari penelitian ini adalah pengadaan jasa pengelola kebersihan stasiun (OSC), dan kebersihan kereta rel listrik (OTC), serta menggunakan metode kontrol model untuk meminimumkan keterlambatan kereta rel listrik. |