Dalam menciptakan keunggulan kompetitif untuk mempertahankan eksistensi dan bertumbuh dalam lingkungan bisnis yang dinamis, perusahaan menciptakan strategi-strategi yang mengarah pada visi, misi, dan tujuan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan pengukuran kinerja yang dapat digunakan untuk menilai keberhasilanan perusahaan serta sebagai dasar perencanaan dan penerapan strategi di masa yang akan datang. Metode pengukuran kinerja yang dapat menyeimbangkan aspek keuangan dan aspek non-keuangan, dikenal dengan nama Balanced Scorecard. PT Primatech Pillar Utama, merupakan perusahaan jasa konstruksi yang bergerak di bidang instalasi mekanikal dan elektrikal, dengan sub bidang jasa pelaksana konstruksi pemasangan pendingin udara (Air Conditioner), pemanas, dan ventilasi. Tujuan dari PT Primatech Pillar Utama adalah memberikan solusi sistem bangunan terpadu dan memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penilaian kinerja perusahaan pada tahun 2016 berdasarkan perspektif keuangan dan proses bisnis internal termasuk dalam kategori cukup baik, sedangkan berdasarkan perspektif pelanggan dan pertumbuhan dan pembelajaran termasuk dalam kategori baik. Keempat perspektif dalam Balanced Scorecard memiliki hubungan sebab-akibat yang dapat digambarkan melalui Strategy Map. Peningkatan kinerja pada perspektif non keuangan (pembelajaran dan pertumbuhan, proses bisnis internal, dan perspektif pelanggan) dapat meningkatkan kinerja pada perspektif keuangan, yang merupakan tujuan utama perusahaan, yaitu peningkatkan profit dan tingkat pengembalian investasi perusahaan. |