Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:27 WIB
Detail
BukuGambaran Intensi Berwirausaha Sosial dan Value Mahasiswa Ekonomi Manajemen Bisnis UNIKA Atma Jaya Jakarta
Bibliografi
Author: BENEDICTA PRIHATIN DWI RIYANTI (Advisor); Kusumasari, Putri Dwi
Topik: intensi wirausaha sosial; faktor-faktor intensi wirausaha sosial; value diri; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Atma Jaya; wirausaha
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: 2014-070-058, PUTRI DWI KUSUMASARI, BENEDICTA PRIHATIN DWI RIYANTI, ABSTRACT OF UNDERGRADUATED THESIS, 20 DESEMBER 2018.pdf (922.8KB; 25 download)
Abstract
Angka pengangguran di Indonesia sudah mencapai 10% dan ketika tidak ditangani akan menghasilkan masalah sosial lain, seperti kemiskinan. Salah satu cara yang dianggap tepat dalam membantu menurunkan tingkat pengangguran adalah dengan menciptakan sebuah usaha berbasis sosial. Untuk membangun sebuah usaha berbasis sosial, dibutuhkan orang-orang yang memiliki intensi menjadi wirausaha sosial yang dapat terbentuk melalui pengalaman langsung dan tidak langsung, misalnya dengan diberikan pendidikan kewirausahaan sosial. Pada peminatan Ekonomi Manajemen Bisnis, sudah diberikan mata kuliah wajib kewirausahaan sosial yang disajikan dengan metode beragam misalnya dengan diberikan tugas turun lapangan dengan tujuan terpapar langsung dengan permasalahan sosial dan berlatih untuk mengatasinya. Dengan adanya mata kuliah ini diharapkan dapat meningkatkan intensi mahasiswa menjadi wirausaha sosial.
Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan alat ukur intensi untuk berwirausaha sosial, faktor-faktor yang mempengaruhi intensi, dan value. Alat ukur intensi menjadi wirausaha sosial berjumlah 3 item, alat ukur faktor-faktor yang mempengaruhi intensi berjumlah 16 item, alat ukur Value berjumlah 37 item. Penelitian melibatkan 70 partisipan yang terdiri dari 32 partisipan perempuan dan 38 partisipan laki-laki, yang seluruhnya merupakan mahasiswa peminatan Ekonomi Manajemen Bisnis angkatan 2015 yang sudah mengambil dan lulus mata kuliah kewirausahaan sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, bersifat non-eksperimental. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik snowball sampling.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa intensi untuk menjadi wirausaha sosial mahasiswa peminatan ekonomi manajemen bisnis mayoritas tergolong sedang. Hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa seluruh faktor mempengaruhi intensi menjadi wirausaha sosial, namun faktor empathy dan self-efficacy menjadi faktor yang mempengaruhi intensi secara signifikan. Selain itu, tipe value dominan yang paling dianggap penting adalah tipe value security. Hasil analisa tambahan menggambarkan bahwa tidak ada perbedaan secara statistik mengenai intensi menjadi wirausaha dan value berdasarkan beberapa kategori pembeda, misalnya jenis kelamin, pekerjaan orangtua, dan keikutsertaan dalam mengikuti kegiatan sosial.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)