Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:27 WIB
Detail
BukuGambaran Persepsi Bawahan Generasi Millenial terhadap Feedback yang Diberikan oleh Atasan Gen X di PT. AIUDTSO
Bibliografi
Author: Dahesihsari, Rayini (Advisor); Rocky (Advisor); Alviyani, Violetta
Topik: feedback; persepsi terhadap feedback; Generasi Millenial; Gen X
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Violetta_Abstract of Undergraduated Thesis.pdf (1.07MB; 37 download)
Abstract
Angka turnover di PT. AIUDTSO meningkat dalam empat tahun terakhir, seiring dengan peningkatan jumlah karyawan berusia Millenial di sana. Apabila dikaitkan dengan hasil survei EOS dan survei Buy In yang dilakukan perusahaan pada tahun 2017 dan 2018, bagaimana atasan, yang pada umumnya adalah Gen X, menilai dan memberikan respon terhadap kinerja anak buahnya ternyata salah satu yang menjadi keluhan utama dari para karyawan, teutama yang berusia Millenial. Karena gejala di atas terkait dengan pandangan karyawan terhadap feedback yang diterimanya, maka penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi karyawan Generasi Millenial di PT. AIUDTSO terhadap feedback yang diberikan atasan Gen X.
Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Penelitian dilakukan kepada empat orang partisipan yang termasuk kategori Generasi Millenial yang memiliki atasan Gen X di PT. AIUDTSO. Wawancara menggali situasi pemberian feedback yang memuaskan dan tidak memuaskan sebagai insiden kritis dan bermakna dalam pengalaman mereka menerima feedback. Data hasil wawancara kemudian dianalisis berdasarkan tema-tema yang menonjol agar didapatkan gambaran yang komprehensif mengenai bagaimana partisipan memandang dan memaknai feedback yang diterimanya dari atasan.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa partisipan memaknai pemberian apresiasi dan pengakuan dari atasan atas pekerjaannya sebagai feedback positif yang memberikan semangat dalam bekerja. Partisipan juga memandang bahwa pemberian feedback secara berkala dan feedback yang sangat detail sebagai hal yang dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Adanya kesempatan berdiskusi dengan atasan merupakan kesempatan bertanya lebih jelas mengenai feedback yang diberikan. Minimnya hal-hal di atas menyebabkan partisipan memandang feedback yang diberikan kurang positif. Bagaimana partisipan Millenial memandang feedback yang diterima tersebut dapat menjadi perhatian bagi atasan agar dapat memotivasi kerja karyawan Millenial secara lebih optimal. Di sisi lain, karyawan Millenial juga perlu menyesuaikan diri dengan karakteristik atasan yang berbeda-beda.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)