Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:28 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Meta-analisis dan Telaah Sistematis Korelasi Gaya Belajar dan Prestasi Akademik dalam Bidang Kedokteran dan Kesehatan
Bibliografi
Author:
Rukmini, Elisabeth
(Advisor);
Puspadewi, Natalia
(Examiner);
Nio, Richard Julius
Topik:
gaya belajar
;
prestasi akademik
;
korelasi
;
performa akademik
;
IPK
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2018
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Richard Julius Nio_RegKTI_2018.pdf
(417.5KB;
39 download
)
Abstract
Pendahuluan. Gaya belajar hubungan terhadap prestasi akademik masih menjadi kontroversi dikarenakan beberapa penelitian mengatakan tidak menemukan hubungan gaya belajar terhadap prestasi akademik, tetapi beberapa penelitian mengatakan menemukan adanya hubungan gaya belajar terhadap prestasi akademik. Studi ini bertujuan mencari korelasi antara gaya belajar dan prestasi akademik dengan meta-analisis dan telaah sistematis untuk mencari gaya belajar yang sering digunakan dalam bidang kedokteran dan kesehatan.
Metode. Penelusuran artikel meta-analisis dilakukan di EBSCO, ProQuest, dan Google Scholar dengan kriteria inklusi: semua jenis desain penelitian yang melibatkan gaya belajar dan prestasi akademik, subyek literatur berumur diatas 18 tahun, dan melibatkan bidang kedokteran dan kesehatan. Tahun pencarian antara tahun 2000-2018. Keyword yang digunakan adalah learning styles, academic achievement dan GPA, dan sinonimnya. Telaah sistematis juga menggunakan artikel yang didapat dari penelurusan artikel meta-analisis.
Hasil. Jumlah artikel meta-analisis dan telaah sistematis masing-masing 7 dan 24 artikel. Nilai korelasi gabungan adalah 0,28 yang tidak bermakna secara praktik tetapi bermakna secara statistik (CI 95%: 0,23-0,33). Hasil telaah sistematis didapat gaya belajar yang digunakan mahasiswa kedokteran dan kesehatan adalah audio dan multimodal (VARK), assimilator dan divergent (Kolb), sensing dan visual (Felder), reflector dan dual (Honey and Mumford), dan surface approach (pendekatan belajar). Pengajaran yang sesuai gaya belajar dapat meningkatkan prestasi akademik. Kelompok mahasiswa dengan prestasi baik memiliki keterkaitan dengan gaya belajar multimodal dan deep learner.
Kesimpulan. Gaya belajar yang tepat dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa kedokteran dan kesehatan. Cara pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar dapat membantu proses belajar. Gaya belajar dan prestasi akademik dipengaruhi berbagai faktor yang saling berhubungan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)