Anda belum login :: 30 Nov 2024 13:59 WIB
Detail
ArtikelPeranan Faktor-Faktor Individual Dalam Mengembangkan Usaha  
Oleh: Inggarwati, Komala ; Kaudin, Arnold
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: INTEGRITAS : Jurnal Manajemen Bisnis (sekarang menjadi International Research Journal of Business Studies - IRJBS) vol. 3 no. 2 (2010), page 185-202.
Topik: growth intention; start-up motivation; entrepreneurial self efficacy; risk taking propensity
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM84
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelKontribusi usaha mikro terhadap perekonomian di Indonesia masih relatif kecil. Hal ini disebabkan oleh banyaknya usaha yang tidak berkembang walau telah dijalankan selama bertahun-tahun. Hambatan dalam mengembangkan usaha dapat disebabkan oleh faktor individu si pengusaha. misalnya hasrat untuk mempertahankan kepemilikan atau menghindari kehilangan kenyamanan menjalankan usaha dalam skala kecil. Studi ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh dari beberapa faktor individual yang dapat mempengaruhi keinginan untuk mengembangkan usaha. Faktor-faktor yang dimaksud adalah motivasi positif (pull factor) saat mendirikan usaha, self-efficacy dan risk taking propensity dari pendiri yang masih menjalankan usaha. Sampel dalam studi ini adalah 50 pedagang kreatif lapangan di kota Salatiga yang juga merupakan pendiri usaha. Untuk mengetahui pengaruh faktor individu terhadap keinginan untuk mengembangkan usaha dilakukan analisis regresi berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin tinggi derajat pull factor saat mendirikan usaha dan self-efficacy pengusaha, semakin besar pula derajat keinginan untuk mengembangkan usaha. Namun demikian, studi ini tidak dapat membuktikan pengaruh risk taking propensity terhadap keinginan untuk mengembangkan usaha.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)